Wednesday, May 10, 2017

Pengertian Project Time Management

PROJECT TIME MANAGEMENT



  1. Definisi
Project Time Management adalah suatu kegiatan yang mencakup semua proses dan prosedur yang diperlukan agar proyek dapat berjalan tepat waktu. Waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk kerja yang mesti dikelola secara efektif dan efisien.
  1. Proses-Proses manajemen waktu proyek
  1. Plan schedule management
Proses pembuatan kebijakan, prosedur, dan dokumentasi untuk perencanaan, pengembangan, pengelolaan, pelaksanaan, dan pengendalian jadwal proyek. Manfaat utama dari proses ini adalah memberikan panduan dan arahan tentang bagaimana jadwal proyek akan dikelola selama proyek.
  1. Define Activities
Proses identifikasi dan mendokumentasikan tindakan khusus yang harus dilakukan untuk menghasilkan deliverable proyek. . Deliverable adalah sebuah produk yang dihasilkan sebagai bagian dari proyek, dapat berupa dokumen perencanaan hardware dan software, dokumen pertemuan, atau minutes of meeting. Manfaat utama dari proses ini adalah memecah pekerjaan dalam kegiatan yang memberikan dasar/acuan untuk memperkirakan, penjadwalan, pelaksanaan, pemantauan, dan pengendalian pekerjaan proyek.
  1. Sequence Activities
Proses mengidentifikasi dan mendokumentasikan hubungan antara kegiatan-kegiatan proyek. Manfaat utama dari proses ini adalah mendefinisikan urutan logis dari pekerjaan untuk memperoleh efisiensi terbesar dalam menghadapi semua kendala proyek.
  1. Estimate Activity Resources
Proses memperkirakan jenis dan jumlah material, sumber daya manusia, peralatan, atau perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan setiap kegiatan. Manfaat utama dari proses ini adalah mengidentifikasi jenis, jumlah, dan karakteristik sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitas yang memungkinkan memperkirakan biaya dan wajtu yang lebih akurat.
  1. Estimate Activity Durations
Proses memperkirakan jumlah periode kerja yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan individu dengan estimasi sumber daya. Manfaat utama dari proses ini adalah menyediakan jumlah waktu  yang diperlukan untuk menyeselesaikan setiap pekerjaan/kegiatan, yang merupakan acuan utama dalam proses Develop Schedule. .
  1. Develop Schedule
proses menganalisis urutan aktivitas, durasi, kebutuhan sumber daya, dan kendala jadwal untuk membuat model jadwal proyek. Manfaat utama dari proses ini adalah itu menghasilkan model jadwal dengan tanggal yang direncanakan untuk menyelesaikan kegiatan proyek,  dengan memasukkan jadwal kegiatan, jangka waktu, sumber daya, ketersediaan sumber daya, dan hubungan logis ke penjadwalan.
  1. Control Schedule
Proses pemantauan status kegiatan proyek untuk memperbarui kemajuan proyek dan mengelola perubahan jadwal awal untuk mencapai rencana tersebut. Manfaat utama dari proses ini adalah mengetahui/menemukan penyimpangan dari rencana untuk mengambil tindakan korektif dan preventif sehingga meminimalkan risiko.

tolong menggunakan kata-kata yang sopan
EmoticonEmoticon