Tuesday, May 9, 2017

Contoh pembuatan riset plan

Tags

Halo, saya akan mengshare contoh riset plan yang digunakan dalam pembuatan Tugas akhir  / Skripsi. Langsung Lihat saja dibawah ini:

ANALISIS PERFORMA JARINGAN NIRKABEL PADA SISTEM SMART PARKING BERBASIS ARDUINO
Oleh:
Ricky Hastomo
13/351005/SV/04069
A. Latar Belakang
Internet of Things (IOT) adalah sebuah konsep dimana sebuah objek dapat mengirim data tanpa adanya interaksi manusia melalui jaringan. Objek tersebut dapat dikendalikan ataupun dimonitoring menggunakan komputer atau perangkat yang terhubung pada objek tersebut. Salah satu pemanfaat IOT adalah Smart Parking, merupakan sistem yang dirancang agar memudahkan pengendara untuk mengetahui tempat parkir yang kosong pada suatu tempat parkir.
Pada sistem Smart Parking ini akan mendeteksi keberadaan mobil menggunakan sensor sonar, kemudian data dari sensor tersebut dikirimkan ke arduino melalui wireless untuk diproses lebih lanjut dan ditampilkan pada interface (web/android). Pada saat pengiriman data dari sensor ke interface terjadilah proses transmisi data antar perangkat tersebut.
Berdasarkan latar belakang yang telah di sampaikan guna mengatasi hal tersebut, muncul gagasan dari penulis untuk mengalisa kinerja / performa dari sistem smart parking berbasis arduino menggunakan sensor sonar.

B. Metode
Berikut adalah metode pelaksanaan penelitian yang penulis paparkan dalam flow chart :
flowchart

Gambar 1. Flow Chart Pelaksanaan Penelitian


C. Alat dan Bahan
Dalam melaksanakan penelitian ini, terdapat beberapa perangkat keras dan perangkat lunak yang di butuhkan guna menunjang riset yang di lakukan. Adapun beberapa perangkat tersebut di antaranya:
  1. Perangkat Komputer / Laptop
  2. Board Arduino R3
  3. Sonar
  4. Resistor
  5. Kabel Jumper
  6. Kertas karton
  7. App Inventor
  8. Arduino
  9. Kabel USB
  10. Kabel UTP
  11. Wireless (xbee)

D. Hipotesa
Salah satu permasalahan yang kerap di hadapi pada sistem smart parking adalah pada saat pengiriman data dari sensor ke arduino, data yang kirim melalui wireless biasanya terkendala pada interferensi gelembang, bahkan sampai sinyal terputus-putus. Melalui penelitian ini akan dianalisis peforma dari pengiriman data tersebut, sehingga dapat mengetahui tingkat efektitas pengiriman data tersebut.

tolong menggunakan kata-kata yang sopan
EmoticonEmoticon