Saturday, July 29, 2017

Pengertian dan fungsi Wireless Sensor Network

wireless sensor network




Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang WSN atau Wireless Sensor Network, apa itu WSN ?

  “ Wireless sensor networks (WSN), sometimes called wireless sensor and actuator networks (WSAN), are spatially distributed autonomous sensors to monitor physical or environmental conditions, such as temperature, sound, pressure, etc. and to cooperatively pass their data through the network to a main location” (Wikipedia)

 Wireless Sensor Network adalah sebuah  jaringan wireless atau nirkabel yang dilengkapi satu atau lebih sensor untuk mengumpulkan informasi seputar kondisi fisik atau lingkungan seperti suhu, suara, tekanan, kelembaban, dan sebagainya. Informasi yang diperoleh dari sensor akan dikirim melalui media wireless atau nirkabel seperti Wifi, bluetooth, Zigbee, infrared, dan lainnya.

Implementasi Wireless Sensor Network
WSN menggunakan jaringan wireless untuk komunikasi antar nodenya, sehingga membuat komunikasi sangat efisien dan fleksibel. Maka itu penerepan dari Wireless Sensor Network  bisa dilakukan pada banyak bidang, antara lain :

  1. Pemantauan Lingkungan, dimana menggunakan sensor suhu dan kelembaban yang ditempatkan disuatu tempat / lingkungan untuk memantau kondisi lingkungan dengan cara mendeteksi nilai suhu dan kelembaban kemudian dengan informasi yang diperoleh dapat mengidentifikasi hal yang tidak diharapkan.
  2. Pemantauan Industri, dimana sensor digunakan untuk memantau kondisi mesin yang digunakan sehingga dapat melakukan perawatan atau perbaikan mesin jika hal yang tidak diharapkan terjadi.
  3. Pemantauan Medis, dimana tubuh pasien diberi sensor kecil untuk memantau kesehatan mereka.


Implementasi dari WSN ini cukup banyak tidak bisa saya tulis satu per satu, seperti untuk keamanan rumah, pendeteksi kebakaran, pendeteksi banjir, dan sebagainya. Sekian pembahasan saya tentang  Wireless Sensor Network, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. terimakasih
 

tolong menggunakan kata-kata yang sopan
EmoticonEmoticon