Tuesday, May 9, 2017

Contoh Topologi Jaringan pada Kantor

Berikut ini adalah contoh topologi yang bisa dipakai untuk membuat jaringan pada sebuah kantor.

Topologi jaringan
Gambar  Topologi Jaringan

Berdasarkan peralatan yang disediakan untuk membangun suatu jaringan pada sebuah perusahaan, maka gambar di atas merupakan topologi yang dirancang untuk perusahaan tersebut. Perusahaan yang dimaksudkan memiliki 2 buah kantor yang terpisah sejauh 2 kilometer sebagai berikut:
⦁    Kantor pertama adalah kantor admin yang berada di sebelah kiri seperti gambar di atas. Kantor admin berisi sebuah server yang akan melayani penyedia layanan website, email, dan repository perusahaan. Kantor ini terhubung langsung ke internet.
⦁    Kantor kedua adalah kantor pemasaran yang terdiri dari ruang marketing, ruang keuangan, dan ruang pengunjung.
⦁    Ruang pengunjung adalah ruang high availability and connectivity hotspot areadan ruangan tersebut dilengkapi dengan 3 buah wireless yang dapat memenuhi kebutuhan internet 300 orang sekaligus. 
⦁    Ruang marketing membutuhkan koneksi dengan bandwidth sekitas 5Gbps. Ruang tersebut memiliki 2 buah pc yang harus terkoneksi dengan internet.
⦁    Ruang keuangan berada 10 meter di depan ruang marketing dan memiliki 8 host yang harus selalu terkoneksi ke internet. Ruang merketing dan keuangan terhubung melalui etherchannel agar koneksi antarswitch meningkat dan bandwidth yang disediakan lebih banyak.
Sedangkan daftar perangkat yang digunakan secara umum adalah sebagai berikut:
⦁    3 router Cisco seri 2911
⦁    3 switch Cisco seri 2960
⦁    3 wireless router Cisco
⦁    Kabel UTP Cat 6 maks bandwidth 1 Gbps

tolong menggunakan kata-kata yang sopan
EmoticonEmoticon